Apakah gamer cewek lebih hardcore dari gamer cowok ?

image taken from https://gaminggirlzdotcom.files.wordpress.com/

from gamexeon.com, join us @ www.gamexeon.com

Sebagian dari kita tentu sudah menyadari dengan kehadiran gamer cewek, keberadaan dan eksistensi mereka di dunia gaming terus berkembang seiring waktu dan kemajuan tekhnologi yang menyertai dunia gaming itu sendiri. Sebagian dari mereka, kadang lebih lama menghabiskan waktu mereka di game-game center. Kenapa demikian ? gamer cewek lebih menyukai game-game bertipe multiplayer, seperti MMO (massively multiplayer online) atau FPS (first-person shooter) online multiplayer. Kebanyakan dari gamer cewek lebih menyukai game online seperti ini karena mereka lebih mengutamakan interaksi sosial yang lebih besar yang ditawarkan oleh game-game multiplayer.

Dalam sebuah penelitian yang disajikan pada pertemuan tahunan, American Association untuk kemajuan Ilmu Pengetahuan di Chicago, menunjukkan minat dalam permainan online meningkat signifikan pada perempuan, dan mereka juga lebih banyak menghabiskan waktu bermain game. Kajian ini dilakukan Dmitri Williams dan kawan-kawan memperoleh akses database pada game MMO Everquest II dengan 7,000 data perilaku gamer.

Williams, yang seorang profesor komunikasi di University of Southern California, dan koleganya juga menemukan bahwa gamer cewek memiliki rata-rata 29 jam per minggu bermain game secara online, sedangkan gamer cowok rata-rata hanya 25 jam per minggu.

Yang menarik dari temuan kajian ini adalah pada umumnya gamer cewek lebih menyukai bermain game dengan pasangan, "Men are happier when playing without their partner. Women are happier when they play with them," tambah Williams dalam press releasenya.

Players who played the game with their romantic partners enjoyed the game more and spent more time playing," ujar Scott Caplan, salah satu co-author dari studi dan profesor komunikasi di University of Delaware. Dia juga mencatat bahwa studi ini menimbulkan pertanyaan untuk penelitian telah menjadi stereotip gender dan memperhatikan hasil yang mereka peroleh tidak boleh disamaratakan.

Meski demikian perilaku gamer cewek lebih tertutup, kenapa tertutup ? kemungkinan hal ini disebabkan oleh rasa kebersalahan.

Mary Koss, professor of psychology pada University of Arizona, menanggapi tentang rasa kebersalahan ini, "Do they feel guilty not doing other activities, such as cleaning, cooking, which we know women still do more of than men, or do they feel that it is less than ideal female behavior to spend time this way?" ujar Koss.

Studi menunjukkan, bahwa dari segi 'motivasi' gamer itu sendiri, gamer cowok bermain untuk memenangkan sementara perempuan bermain untuk hubungan sosial. Satu hal lagi yang menjadi pertanyaan apakah ini berarti kecenderungan gamer cewek lebih besar kepada relationship?

"Women may be playing more to keep an emotional connection and companionship with their partners," ujar Koss.

Dr Richard Pesikoff, seorang psikiater di Baylor College of Medicine di Houston, mengatakan bahwa perempuan dapat merasa lebih nyaman bekerja sama dengan pasangan sedangkan laki-laki mereka ingin melakukan sesuatu dengan diri mereka sendiri.

“We’re still women. … It’s just an emotional thing. I think we probably like to spend more time with our boyfriends than they like to spend time with us,” ujar Christina Winterburn dari theGirlGamer.net.

"Men also might not want their partner to be better than them in a competitive setting," tambah Winterburn.

Beberapa poin menarik dari uraian diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :
a. Gamer cewek bermain game lebih lama dalam dari pada gamer cowok.
b. Gamer cewek lebih menyukai bermain bersama pasangan mereka.
c. Gamer cowok lebih suka bermain sendiri.
d. Gamer cewek tidak pernah menceritakan berapa lama mereka bermain game (lebih tertutup)
e. Gamer cowok bermain game untuk kemenangan.
f. Gamer cewek bermain game untuk bersosialisasi.
g. Gamer cowok bermain game sendiri untuk menghindari saling berbagi.
h. Gamer cowok takut memiliki pacar yang lebih baik dari pada mereka dalam bermain game.

Sekarang kita sudah mengetahui bersama bagaimana sisi dan pola serta sebagian sifat yang dimiliki oleh gamer cewek, bagaimana menurutmu apakah gamer cewek lebih hardcore dari gamer cowok ?

Silahkan di poll dan berikan apresiasi mu yang berkaitan dengan gamer cewek.

Wassalam